Kemendagri Minta Satpol PP Dukung Upaya Peningkatan Capaian Vaksinasi Lansia


LBHIWOSOPPENG.COM - Jakarta - Kemendagri Minta Satpol PP Dukung Upaya Peningkatan Capaian Vaksinasi Lansia

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Safrizal ZA meminta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) mendukung upaya peningkatan capaian vaksinasi Covid-19 bagi orang berusia lanjut (lansia) di daerahnya masing-masing. Kemendagri berjanji bakal memberi penghargaan kepada daerah yang berhasil mencapai vaksinasi lansia di atas 70 persen.

“Kami mengerti bukan hadiah yang kita tunggu, tetapi hadiah adalah apresiasi adalah bentuk sebagai reward kepada kita semua yang sudah bekerja keras,” terang Safrizal dalam pengarahannya pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Satpol PP bertajuk "Profesional dan Berintegritas Mewujudkan Penyelenggaraan Trantibum untuk Indonesia Maju dan Sehat" yang digelar secara luring dan daring dari Hotel Millennium, Jumat (4/3/2022).

Safrizal menegaskan, pandemi Covid-19 belum berakhir, sehingga dedikasi dan loyalitas serta pengabdian terbaik Satpol PP masih dibutuhkan negara dan masyarakat. Saat ini, kata dia, pemerintah terus berupaya meningkatkan laju vaksinasi, terutama terhadap masyarakat lansia. Pasalnya, capaian vaksinasi lansia masih terbilang rendah.  

“Sekembalinya dari Rakornas ini saya minta seluruh Kasat (Satpol PP) berbuatlah sesuatu untuk meningkatkan tingkat vaksinasi untuk usia lanjut, laporkan kepada kami,” ujar Safrizal dalam kegiatan yang merupakan bagian dari rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Satpol PP dan HUT ke-60 Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) tersebut.

Dalam kesempatan itu, Safrizal juga menekankan enam pesan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian kepada jajaran Satpol PP dan Satlinmas. Pertama, pentingnya meningkatkan kesiapsiagaan dalam mendukung upaya pencegahan, pengendalian, dan penegakan disiplin protokol kesehatan Covid-19, serta berperan aktif dalam pemulihan ekonomi nasional dan daerah.

Kedua, Satpol PP dan Satlinmas dapat berperan aktif dalam percepatan vaksinasi tahap 1, 2 dan 3, karena vaksinasi merupakan faktor kunci dalam penanganan pandemi. Ketiga, memberi contoh baik kepada masyarakat dalam penerapan disiplin protokol kesehatan Covid-19. Keempat, meningkatkan pelaksanaan tugas, fungsi, dan kewenangan dalam mengawal urusan ketenteraman, ketertiban umum, dan perlindungan masyarakat (Trantibumlinmas) sebagai urusan wajib yang terkait dengan pelayanan dasar.

Kelima, Satpol PP dan Satlinmas agar memperkuat koordinasi, integrasi, dan sinkronisasi baik secara vertikal maupun horizontal dengan berbagai instansi terkait. Keenam, melaksanakan tugas yang tegas namun tetap humanis, dan senantiasa memperhatikan aspek Hak Asasi Manusia (HAM), citra, serta wibawa penyelenggaraan pemerintahan daerah. (Sumber: Puspen Kemendagri)


Publikasi: Mappasessu

0 Comments