Kita Sudah 76 Tahun Merdeka Bung!!


Opini --- Harga diri Bangsa, Kita sudah 76 tahun Merdeka Bung!!

Mengapa presiden pertama kita Soekarno kalau berpakaian, selalu ingin tampil gagah? Ia selalu  memasang semua atribut atribut didadanya bak seorang jenderal. 
Ia selalu membawa tongkat komandan pasukan. 
Ia selalu memperhatikan kepantasan cara berpakaian. 
Mengapa pada tahun 50 - 60 tahunan ia membangun bangunan bangunan megah seperti Stadion Utama.Senayan  GBK , Jembatan semanggi dan beberapa patung besar Jakarta? 
Mengapa Soekarno jika bertemu para Presiden  negara negara besar seperti Amerika, Rusia / Uni Sovyet dan China selalu tampil penuh rasa percaya diri  bak Presiden negara besar pula??

Padahal saat itu Indonesia baru 10.- 15 tahun. merdeka, dan masih miskin. 
Soekarno selalu mendongak dan membusungkan dada di hadapan Kennedy, Kruschev, Mao tse tung, Nasser, Gandhi atau saat berpidato didepan Sidang PBB. 

Itu karena Soekarno dengan sadar ingin membangun mentalitas rakyat kita. Beliau sangat sadar akibat dijajah 350 tahun, mentalitas dan. Mindset bangsa kita saat itu masih terperosok dibawah sebagai bangsa jajahan. Masih minder, dengan inferioritas tinggi. Melihat bangsa kulit putih dengan mendongak keatas. 
Mental set itulah yang ingin dihancurkan oleh Soekarno.

Beliau Ingin membangun kembali Rasa percaya diri dan kebanggaan sebagai bangsa besar. Bangsa yang pernah menguasai dan berpengaruh di wilayah Asia Tenggara. 
Soekarno berani menantang dan mengusir Amerika dan Inggris. 
Keberanian itu pernah dicontohkan Raja Singosari Kertanegara dan Raden Wijaya ketika mengusir tentara Mongol yang merupakan penguasa Dunia saat itu. 
Tapi memang mengubah mindset atau mentalitas sebagai bangsa terjajah masih butuh waktu panjang. 
Karena " inferiority feeling " ini seolah tertanam dan secara tidak sadar menurun ke anak cucu. 
Melihat budaya Arab minder, melihat budaya Korea minder , melihat budaya China minder, melihat budaya Barat minder. 
Saat melihat budaya Nasional sendiri, sebelah mata. Tidak percaya diri. Malah ada sekelompok yang ingin menghancurkan budaya Nasional sendiri dengan tuduhan kafir dan murtad. 

Ayolah bangga dengan Budaya Nasional kita sendiri. 
Kita sudah 76 tahun Merdeka Bung!! 
Jangan "menunduk" dihadapan bangsa asing !

Tulisan EddySinangTrenggono/ Juli2021

0 Comments