Hal-hal Pokok Tentang Sengketa Kewarisan

Foto: teman Angkatan 99 (ITAMMASE)


Waris menurut hukum Islam adalah hukum yang mengatur tentang peralihan harta kekayaan yang ditinggalkan seseorang yang meninggal serta akibatnya bagi para ahli warisnya. Yang artinya bagian tertentu yang dibagi menurut agama Islam kepada semua yang berhak menerimanya dan yang telah di tetapkan bagian- bagiannya.

Kenapa ilmu faraid wajib di pelajari?

Jadi umat Islam harus belajar soal ilmu waris ini karena di dalamnya diatur dengan jelas siapa orang yang berhak menerima harta warisan, pembagian harta warisan dan agar terhindar dari perselisihan karena perebutan harta watusan serta supaya beban si mayit menjadi ringan dengan adanya aturan dalam ilmu fiqih mewaris.

ILMU Faraidh (pembagian harta waris) adalah ilmu yang diketahui dengannya siapa yang berhak mendapat waris dan siapa yang tidak berhak, dan juga berapa ukuran untuk setiap ahli waris. ... Untuk itu, umat ini dianjurkan untuk mempelajari ilmu waris dan mengamalkannya dengan benar.

Harta peninggalan seseorang yang telah meninggal dunia seringkali menimbulkan sengketa (perkelahian) dalam sebuah keluarga, yang berakhir dengan cara memutuskan hubungan tali silaturahmi dalam suatu keluarga. Ilmu Faraid adalah ilmu tentang pembagian harta warisan.

Apa yang disebut dengan Furudhul Muqaddarah yang artinya adalah?

Arti dari Furudhul Muqaddarah dalam menghitung harta warisan adalah pihak-pihak atau ahli waris yang bagiannya atas harta waris sudah ditentukan langsung oleh kitab suci Al-Quran.

Kapan warisan dibagikan menurut Islam?

KUH perdata dan Hukum Islam menganut prinsip bahwa warisan itu baru dapat dibagikan kepada hali warisnya apabila pewaris telah meninggal dunia, sedangkan menurut prinsip hukum adat adalah warisan itu bisa dibagikan baik sebelum dan sesudah pewaris meninggal dunia.

....karena di dalamnya diatur dengan jelas siapa orang yang berhak menerima harta warisan, pembagian harta warisan dan agar terhindar dari perselisihan karena perebutan harta watusan serta supaya beban si mayit menjadi ringan dengan adanya aturan dalam ilmu fiqih mewaris


Bagaimana posisi hukum kewarisan Islam di Indonesia?

Hukum waris Islam berlaku bagi masyarakat Indonesia yang beragama Islam dan diatur dalam Pasal 171-214 Kompilasi Hukum Indonesia, yaitu materi hukum Islam yang ditulis dalam 229 pasal. Dalam hukum waris Islam menganut prinsip kewarisan individual bilateral, bukan kolektif maupun mayorat.

Apa yang harus didahulukan sebelum dilakukan kewarisan?

Beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum harta warisan dibagikan adalah : Menyelesaikan urusan jenazah. Menyelesaikan hutang piutang almarhum, baik hutang kepada manusia atau hutang kepada Allah SWT. Membayar biaya pengobatan/perwatan dan membayar pemakaman almarhum.

Mengapa hamba sahaya tidak mendapatkan harta warisan?

Dari ayat ini jelas bahwa budak atau hamba sahaya tidak memiliki kecakapan dalam mengurusi hak kebendaan dengan jalan apapun. Karena itu, seluruh jenis hamba sahaya terhalang mendapat harta warisan, begitu juga mereka tidak dapat mewariskan karena mereka dianggap tidak memiliki harta.

Bolehkah pembagian harta waris ditunda dalam rentang waktu?

Boleh saja penundaan itu dilakukan asal seluruh ahli waris bersepakat dan telah mengetahui masing-masing bagian yang di dapatkannya.

Bolehkah membagi harta warisan ketika pewaris masih hidup?

Sehingga berdasarkan Pasal 830 Kitab Undang- Undang Hukum Perdata, pewarisan tanpa adanya kematian dari pewaris, maka pemberian warisan kepada ahli waris saat pewaris masih hidup tidak dapat dilakukan.

Hukum waris yang berlaku di Indonesia ada berapa?

Hukum waris di Indonesia ada tiga yang berlaku : Hukum adat, hukum agama islam, hukum perdata.

Siapa saja ahli waris dzawil furudh yang berhak mendapat seperdelapan bagian?

Mereka adalah :

Anak-anak dari saudara perempuan sekandung/seayah/seibu, baik laki-laki atau perempuan.

Anak-anak perempuan dari saudara laki-laki sekandung/seayah/seibu dan anak-anak keturunan mereka terus ke bawah.

Mengapa hukum waris Islam menduduki tempat yang sangat penting dalam Alquran?

Hukum waris menduduki tempat amat penting dalam hukum Islam. Ayat Alqur'an mengatur hukum waris dengan jelas dan terperinci. hal ini dapat dimengerti, sebab masalah warisan pasti dialami oleh setiap orang. apabila tidak diberikan ketentuan pasti, amat mudah menimbulkan sengketa diantara ahli waris.

Langkah langkah sebelum pembagian harta warisan?

Hal-hal yang perlu dilakukan sebelum harta warisan dibagikan adalah : 

  1. Menyelesaikan urusan jenazah. 
  2. Menyelesaikan hutang piutang almarhum, baik hutang kepada manusia atau hutang kepada Allah SWT. 
  3. Membayar biaya pengobatan/perwatan dan membayar pemakaman almarhum.

Faktor apa saja yang menyebabkan seseorang tidak berhak mendapat harta warisan?

Sedangkan menurut Budi Ali Hidayat, sebab seseorang mendapat dan tidak mendapat warisan adalah karena pernikahan, Nasab dan Wala serta berbeda agama/Kafir/Murtad dan Pembunuhan.

Kapan harta warisan dapat dibagi menurut QS An Nisa ayat 117 jelaskan?

Berdasarkan surah an nisa ayat 11 harta warisan di bagi setelah memberikan bagian harta wasiat dan membayar hutang-hutang si mayyit.

Bagaimana jika salah satu ahli waris tidak setuju?

Apabila salah satu ahli waris mengalami seperti pada Pasal diatas maka para ahli waris dalam menjual warisannya tidak memerlukan persetujuan ahli waris tersebut. maka ahli waris yang tidak dilibatkan dan tidak setuju melakukan penjualan tersebut dapat mengajukan upaya hukum baik secara perdata maupun pidana.

Mengapa pembagian harta warisan anak laki laki paling besar daripada anak Paerempuan?

Muhammad Sayyid Thonthowi, dalam Tafsir al- Washit, mengatakan Allah SWT telah menjadikan bagian anak laki-laki dua kali lipat bagian anak perempuan, karena tanggung jawab anak laki-laki lebih banyak daripada anak perempuan, seperti menafkahi dirinya, anakanaknya, istrinya, dan kerabat yang berada di bawah

Apakah anak angkat berhak mendapatkan warisan?

Karena bukan ahli waris, maka anak angkat tidak mendapatkan bagian sebagai ahli waris dari warisan orangtua angkatnya. Walaupun tidak mendapat warisan dari orangtua angkatnya akan tetapi anak angkat mendapat wasiat wajibat untuk mendapatkan harta warisan orangtua angkatnya.

Yang termasuk dalam golongan ahli waris yang berhak mendapatkan 2/3 harta waris yaitu:

Dua orang anak perempuan atau lebih apabila Pewaris tidak mempunyai anak laki-laki;

Dua orang cucu perempuan atau lebih apabila Pewaris tidak mempunyai anak perempuan;

Dua orang saudara perempuan atau lebih sekandung;

Apa yang dimaksud dengan ashab al Furud atau dzawil furudh?

Secara bebas, arti lugowi zawi al-furud adalah orang-orang yang mempunyai saham (bagian) pasti. Secara istilahi zawi al-furud adalah ahli waris yang sahamnya telah ditentukan secara terperinci (1/2,1/3,1/4, 1/5, atau 1/8 dari warisan ).

Siapakah dzawil furudh yang memperoleh bagian 2 3?

Anak perempuan: Jika jumlahnya hanya ada satu (1) orang anak perempuan, maka 1/2 bagian dari harta peninggalan. Jika jumlahnya lebih dari dua anak perempuan maka 2/3 bagian dari harta peninggalan.

Mengapa hukum waris disebut faraid?

Tirkah adalah semua harta peninggalan orang yang meninggal. Ilmu waris juga sering disebut dengan ilmu Faraidh. Kata faraidh adalah bentuk jamak dari fardh yaitu bagian yang ditentukan. Disebut Ilmu Faraidh karena ilmu yang membahas tentang bagian-bagian yang telah ditentukan kepada ahli waris.

Mengapa hukum waris Islam perlu dipelajari?

Ilmu ini sangat penting dipelajari agar dalam pelaksanaan pembagian harta waris tidak terjadi kesalahan dan dapat dilaksanakan dengan seadil-adilnya, sebab dengan mempelajari hukum kewarisan Islam bagi umat Islam, akan dapat menunaikan hak-hak yang berkenaan dengan harta waris setelah ditinggalkan oleh muwarris

Bagaimana sistem waris diatur dalam Islam dan jelaskan?

Pembagian harta waris dalam Islam diatur dalam Al-Qur an, yaitu pada An Nisa yang menyebutkan bahwa Pembagian harta waris dalam islam telah ditetukan ada 6 tipe persentase pembagian harta waris, ada pihak yang mendapatkan setengah (1/2), seperempat (1/4), seperdelapan (1/8), dua per tiga (2/3), sepertiga (1/3), dan...

Siapa saja yang mendapatkan harta warisan 1 6 bagian?

Yang termasuk dalam golongan ahli waris yang berhak mendapatkan 1/6 harta waris yaitu:

Ibu apabila anaknya (Pewaris) mempunyai anak atau cucu dari anak laki-laki atau saudara laki-laki maupun perempuan yang sekandung, seayah maupun seibu.

Bapak apabila anaknya (Pewaris) mempunyai anak atau cucu dari anak laki-laki.

Sebelum harta peninggalan diwariskan kita perlu memperhatikan apakah yang meninggal dunia meninggalkan wasiat atau tidak apabila ada harus diselesaikan terlebih dahulu Adapun syarat memberikan wasiat tidak boleh lebih dari?

Dalam al-Qur'an terdapat ayat-ayat yang menegaskan bahwa pembagian harta warisan dilaksanakan setelah penunaian wasiat dan utang si mayit, seperti yang terdapat dalam Q.S. an-Nisa'/4:11.

Apa arti hijab dalam Ilmu Mawaris?

Pengertian Hijab. Hijab adalah penghapusan hak waris seseorang, baik penghapusan sama sekali ataupun pengurangan bagian harta warisan karena ada ahli waris yang lebih dekat pertaliaannya (hubungannya) dengan orang yang meninggal.

Bolehkah jual beli tanah warisan tanpa persetujuan seluruh ahli waris?

Jika jual beli tersebut telah terjadi dan tanpa tanda tangan para ahli warisnya sebagai pemiliknya (karena tidak ada persetujuan dari para ahli waris), maka tanah tersebut dijual oleh orang yang tidak berhak untuk menjualnya. Oleh karena itu, berdasarkan Pasal 1471 KUHPer di atas, jual beli tersebut batal.

Apakah harta warisan boleh di jual?

Menurut para ulama dan sumber hukum yang ada bahwa menjual harta peninggalan diperbolehkan. Karena harta peninggalan sudah menjadi hak dari ahli waris, diwakafkan, dihibahkan ataupun dijual sudah sepenuhnya menjadi hak ahli waris.

Apa hukum menjual warisan yang belum dibagi?

Terhadap warisan yang belum dibagi tidak sah untuk diperjual belikan karena masih terdapat hak hak ahli waris lain. ... Namun, jika jual beli warisan dilakukan tanpa persetujuan ahli waris lain maka jual beli tersebut dianggap tidak sah dan jual beli tersebut dianggap batal.

Warisan anak laki berapa?

Anak laki-laki mendapat 2/3 bagian, sedangkan anak perempuan mendapatkan 1/3 bagian. Ini berlaku apabila pewaris hanya memiliki seorang anak laki-laki dan seorang anak perempuan.

Apa yang dimaksud dengan Furudhul Muqaddarah sebutkan satu persatu dan berilah contoh masing masing?

Yang dimaksud dengan FURUDHUL MUQADDARAH adalah para ahli waris yang besar bagiannya dalam harta waris telah ditentukan langsung di dalam kitab suci Al-Quran. Besarnya bagian yang didapatkan oleh Furudhul Muqaddarah menurut Al-Quran ini ada 6 yakni ½, 1/3, ¼, 1/6, 1/8, dan 2/3.

Apakah seorang janda disebut ahli waris ashabul furudh?

Ahli waris (ashabul furudh) yang tidak boleh menerima radd adalah suami (duda) dan istri (janda) saja, karena hubungan kekerabatan mereka bukan kekerabatan nasabiyah (hubungan darah) tetapi kekerabatan sababiyah (hubungan perkawinan).

Siapa saja dzawil furudh yang mendapat bagian 1 4 bagian dari harta warisan?

Ashhabul furudh yang Berhak Mendapat Seperempat

Seorang suami berhak mendapat bagian 1/4 dari harta peninggalan istri dengan syarat apabila sang istri mempunyai anak atau cucu laki-laki dari keturunan anak laki-lakinya, baik anak atau cucu tersebut dari darah dagingnya ataupun dari suami sebelumnya.


Disusun oleh: Mappasessu - Mahasiswa Pascasarjana sekaligus LAWYER di LBH IWO SOPPENG


0 Comments