Bentuk-bentuk Tindak Pidana Korupsi (4) Perbuatan Curang dan Benturan Kepentingan Dalam Pengadaan

LBHIWOSOPPENG.COM Bedah Buku -- Bentuk-bentuk Tindak Pidana Korupsi (4) Perbuatan Curang dan Benturan Kepentingan Dalam Pengadaan

Keenam, perbuatan curang
Menurut Mappasessu, perbuatan curang ini biasanya terjadi di proyek-proyek pemerintahan, seperti pemborong, pengawas proyek, dan lain-lain yang melakukan kecurangan dalam pengadaan atau pemberian barang yang mengakibatkan kerugian bagi orang lain atau keuangan negara.

Pengadaan adalah kegiatan yang bertujuan untuk menghadirkan barang atau jasa yang dibutuhkan oleh instansi atau perusahaan. “Ini juga biasanya berlaku untuk panitia-panitia pengadaan yang ada di pemerintahan, kalau BUMN bisa juga kalau dibiayain sama APBN ya,” pungkas Mappasessu.

Demikian ulasan singkat mengenai Bentuk-bentuk Tindak Pidana Korupsi yang disadur dari Buku "Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi" karya Prof. Marwan Mas, SH, MH; yang sebagian merupakan pendapat pribadi Mappasessu, SH; namun, pengetahuan tersebut pula bersumber dari perkualiahan yang diikuti penulis, (hasil berguru langsung) pada penulis buku.


0 Comments